SAF #11

Malam Minggu bersama SAF#11

Helatan rutin tahunan SMAN 2 Yogyakarta yakni Smada Art Fest (SAF) memasuki musim ke sebelas pada tahun 2017 ini. Kali ini, Smada Art Fest (SAF) #11 mengusung tema traveller dan adventure  bertajuk Elphra Freya. Elphra Freya berasal dari dua nama great travellers, yaitu Aphra Benh dan Freya Stark. Freya Stark adalah permpuan nonarabic pertama yang menjelajahi Gurun Arab Selatan.  Aphra Benh dan Freya Stark sering dianggap remeh, tetapi nyatanya mereka dapat menjadi suatu pendobrak. Sesuai dengan tajuk Elphra Freya, diharapkan SAF#11 ini dapat menjadi pendobrak dan penyemangat , bahwa anak SMA mampu membuat event yang pertama, terbaik, dan luar biasa. Event ini merupakan acara puncak HUT SMADA yang biasa diselenggarakan tahunan. Acara ini merupakan pentas seni bagi siswa SMADA, karena banyak siswa turut berpartisipasi menampilkan bakat seninya di sini. Selain itu, untuk bumbu-bumbu penyemangat dan menambah massa untuk hadir, event ini mengundang guest star yang sedang naik daun. Nah, dalam SAF #11 guest star tersebut yakni Fourtwnty dan Efek Rumah Kaca.

       SAF terbuka bagi umum. Untuk menyaksikan SAF kita dapat membeli tiket yang dijual di SMA N 2 Yogyakarta. SAF #11 diadakan pada tanggal 2 September 2017 di Gedung PKKH UGM. Open gate dimulai pukul 16.00 WIB.


 
Panggung SAF ke-11

       Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama para penonton untuk membangkitkan rasa nasionalisme sebagai generasi muda Indonesia. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, acara dilanjutkan dengan penampilan dari beatbox SMADA dengan lagu The Wills. Dilanjutkan penampilan band Sixteen Project yang beranggotakan siswa kelas 11 SMADA. Mereka menyanyikan dua buah lagu dari Sandi Sondoro yang berjudul “Malam Biru” dan lagu dari Adera yang berjudul “Lebih Indah”.

 beatbox SMADA

 Sixteen Project

       Selanjutnya mereka menampilkan video berisi ucapan selamat ulang tahun  kepada SMA N 2 Yogyakarta dari berbagai organisasi serta ekstrakulikuler yang berada di SMA N 2 Yogyakarta. Lalu dilanjutkan dengan penampilan epic dari vocal grup SMADA, mereka membawakan lagu dari Raky F. yang berjudul “Penantian Berharga” dan lagu dari Justin Timberlake yang berjudul “Mirrors”.

 Vocal Grup SMADA

       Sehabis penampilan dari vocal grup SMADA, saatnya paduan suara dari SMA yang berada di Jalan Bener ini untuk menunjukkan kebolehannya. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penampilan teater SMA N 2 Yogyakarta, yakni Teater Kertas. Penampilan Teater Kertas menceritakan tema dari Smada Art Fest ke-11 ini.

 Paduan Suara SMADA

 Teater Kertas

Lalu ada penampilan dari SMADANCE. SMADANCE merupakan klub dance  yang ada di SMA N 2 Yogyakarta. Tepukan penonton mengiringi penampilan mereka.  Meskipun mengikuti perkembangan jaman, siswa SMA N 2 masih melestarikan budaya tanah kelahirannya lho, hal ini terbukti dengan penampilan tari tradisional dari siswa SMADA, mereka mengambil toleransi sebagai tema tarian yang mereka tarikan. Mereka berhasil menarikan tarian tradsional kontemporer tersebut dengan  luwes.

 SMADANCE

 tari tradisional SMADA

       Acara sesi pertama  ini dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Kusworo selaku kepala sekolah SMA N 2 Yogyakarta. Salah satu isi pidatonya yang menarik yakni ketika ia menyebutkan bahwa kehidupan yang ada di SMA N 2 Yogyakarta seperti lapisan pelangi yang memiliki banyak warna, yang bermakna bahwa SMA N 2 Yogyakarta itu multikultural. Acara sesi pertama  diakhiri dengan penampilan dari Teach Band, seperti namanya band ini beranggotakan guru-guru yang ada di SMA N 2 Yogyakarta. Teach Band berhasil membuat para penonton  bersorak-sorai, apalagi dari kalangan siswa SMADA. Penampilan dari Teach band ini juga merupakan persembahan dari guru-guru SMADA untuk hari jadi SMA N 2 Yogyakarta yang ke-52.



 Bapak Kusworo ketika memberi sambutan

 Teach Band

       Acara sesi kedua dimulai dengan penampilan dari grup band SMA Bopkri 1 Yogyarakarta, yakni Long View. Mereka membawakan 2 buah lagu yang berjudul “Something Just Like This” dari The Chain Smokers dan dan lagu yang berjudul “Kala Cinta Menggoda” oleh Chrisye. Setelah itu ada penampilan dari grup band Skenario, mereka membawakan tiga buah lagu, lagu-lagu tersebut berhasil membuat suasana SAF yang ke-11 ini menjadi lebih ‘baper’. Acara sesi 2 dilanjutkan dengan penampilan dari grup band SMADA lagi, yakni Fourtune. Mereka membawakan dua buah lagu, lagu yang pertama berjudul “Cinta Akan Kuberikan” yang dipopulerkan oleh Chrisye serta lagu ciptaan mereka sendiri yang berjudul “Bidadariku”.


Long View

 Skenario

 Fourtune

       Saat yang ditunggu-tunggu telah tiba, selanjutnya adalah penampilan dari Fourtwnty. Band indie tersebut membawakan lagu-lagu andalan mereka termasuk “Debu-Debu Berterbangan” dan “Aku Bukan Binatang”. Mereka menampilkan lagu-lagu mereka sampai dengan 45 menit. Penonton terpuaskan oleh penampilan dari Fourtwnty.

 Fourtwnty

       Hari sudah semakin larut, namun tidak melarutkan semangat para penonton. Selanjutnya adalah penampilan dari Efek Rumah Kaca. Mereka memasuki panggung disambut meriah oleh para penonton. Efek Rumah Kaca mengawali penampilannya dengan lagunya yang berjudul “Lagu Cinta Melulu” dan dilanjutkan menyanyikan lagu-lagu andalnnya. Mereka berhasil membuat penonton yang hadir ikut bernyanyi bersama. Dengan penampilan dari Efek Rumah Kaca ini menandakan berakhirnya SAF yang ke-11 ini.


 
Efek Rumah Kaca

       Kami juga sempat mewawancarai salah satu penonton SAF ke-11,”SAF keren! SMADA bisa nyelenggarain acara sepecah ini, sampe tiketnya sold out gitu. Pokoknya bagus banget. Sayangnya keamanannya kurang diperketat. Saya lihat ada tanda dilarang merokok di depan, tapi saya masih lihat ada yang merokok di dalem.” Terlihat sekali SAF kali ini mengundang antusiasme yang cukup besar dari para penontonnya.


SAF #11 SAF #11 Reviewed by SJC SMADA on 6:04 PM Rating: 5

No comments

Facebook